Kain Tenun Songket Khas Suku Sasak Lombok Yang Unik

Suku Sasak – Kain tenun merupakan salah satu seni tradisional Lombok yang mempunyai keindahan yang sangat unik dan berbeda. Anda di sini bisa menyaksikannya ketika berkunjung ke desa Sukarara. Yang mana desa ini terkenal sekali sebagai penghasil kain tenun tradisional Lombok. Kehidupan warganya mayoritas dilewatkan dengan mengoperasikan alat tenun, yang mana alat tenun ini juga merupakan alat tradisional yang telah dibuat dari kayu dengan sistem sederhana. Dengan alat inilah warga setempat menghasilnya beragam jenis merchandise khas Lombok, seperti halnya denga pakaian tradisonal, selimut, taplak meja, dan juga selendang dengan motif-motif yang sangat indah serta dengan tenunan yang berkualitas. Dikarenakan hasil karyanya yang berkualitas tersebut, sehingga desa ini kemudian jadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung domestik atau pun mancanegara.

Berbagai motif hasil tenunan di desa Sukarara Lombok

Perlu Anda tahu bahwasannya ada bermacam-macam bahan dasar yang dibuat menjadi kain tenun, diantaranya benang katun, nilon, sutra, benang mersis, dan juga benang perak. Sedangkan untuk bahan pewarnanya warga desa Sukarara ini masih menggunakan pewarna alami, seperti kayu mahoni, daun sirih, biji buah asam, dan juga kunyit. Akan tetapi mereka juga menggunakan benang yang sudah bewarna untuk tenunan warna-warna tertentu saja.

Hasil Kerajinan Desa Sukarara Lombok Yang Menarik dan Unik

Bila Anda memang berminat untuk membeli hasil tenunan desa Sukarara ini, maka Anda dapat memilih berbagai macam motif, seperti halnya dengan motif keker, cungklik, serat penginang, dan lain sebagainya. Akan tetapi, motif yang paling digemari dan juga menjadi ikon desa ini adalah motif subahnala. Yang mana nama motif tersebut diambil dari kata Subahanallah. Sebab saat menenun motif ini para penenun seringkali mengucapkan kata tersebut, karenanya motif ini mempunyai tingkat kesulitan yang paling tinggi serta diperlukan waktu yang cukup lama untuk membuat tenunan yang bermotif subahnala tersebut.

Nah, itulah tadi sekilas tentang seni tradisional Lombok dengan keindahan yang unik dan berbeda, Kunjungi Segera yuk bersama Wisata Lombok Murah. Itulah tadi ulasan Mengenai Suku Sasak Lombok dan semoga bisa bermanfaat dan menginspirasi Anda semuanya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s